Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Rp47,21 M, Dana Hibah dan Bansos Belum Dilaporkan Penerima

Posted on : 12 Jun 2017 10:01:09 Dibaca sebanyak : 172 kali

Manokwari, Mediapapua.com - Inspektorat Provinsi Papua Barat, akan menurunkan tim pemeriksaan di kabupaten/kota, lebih khususnya bagi penerima bantuan social dan hibah, yang bersumber dari APBD Provinsi, namun belum menyerahkan laporan pertanggung jawaban disertai bukti.

Kepala Inspektorat Provinsi PB, Sugiono, ST mengatakan, ada dua permasalahan utama, yakni penatausahaan dan pengamanan aset tetap belum memadai, dan laporan penggunaan dan bukti pertanggungjawaban belanja hibah dan bantuan social, yang mencapai Rp47,21 miliar, belum diserahkan.

“Untuk dana hibah sebesar Rp22,7 miliar dan Rp24,49 miliar untuk dana bantuan social, namun hingga saat ini belum ada laporan pertanggungjawabannya,” tuturnya.

Menurutnya, sesuai rekomendasi BPK RI, terkait dana hibah dan dana bantuan sosial yang belum dipertanggungjawabkan penerima, pihaknya telah membentuk tim. “Pekan ini tim akan turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan bagi penerima hibah di Manokwari, Sorong, Maybrat, Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak,” jelasnya.

Diungkapkan, penerima dana hibah dan bantuan social yang tak menyampaikan pertanggungjawaban tak diberi sanksi tegas. Setiap penggunaan uang negara wajib dipertanggungjawabkan. Apabila tidak mampu maka satu solusi anggaran Negara tersebut harus dikembalikan ke Kas.

“Predikat opini WTP dari BPK RI atas LKPD Tahun 2016, merupakan prestasi yang diraih berkat kerja semua SKPD, artinya, SKPD mau mendengarkan apa yang kita minta supaya mengelola keuangan sesuai aturan yang ada,” ujarnya.

Sedangkan mengenai penataan aset daerah, tambah dia, Inspektorat juga sudah menurunkan tim untuk melakukan penataan. Aset daerah harus ditata sesuai ketentuan. 

Diketahui, pada penyerahan LHP atas LKPD Pemprov Papua Barat Tahun 2016, anggota VI BPK RI, Hary Azhar Aziz, menyampaikan beberapa permasalahan yang perlu menjadi perhatian pemerintah Provinsi Papua Barat.(mp-19)

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni