Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

THR bagi pengusaha dihimbau di dustribusikan

Posted on : 07 Jun 2017 14:53:20 Dibaca sebanyak : 125 kali

Manokwari, Mediapapua.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Manokwari, menghimbau pengusaha segera mendistribusikan THR bagi pekerja, minimal seminggu sebelum hari H, baik itu Idul fitri ataupun Natal.

Hal ini disampaikan, Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Manokwari, Endang Palupi. Menurutnya, jika pemberian THR dilakukan dekat dengan perayaan hari besar, manfaatnya kecil, terutama memenuhi kebutuhan tambahan yang dikeluarkan.

“Kita sangat menghimbau agar bisa diberikan maksimal seminggu sebelum lebaran atau hari besar, biar penggunaannya optimal dan bermanfaat bagi keluarganya,” tuturnya, kepada wartawan, Selasa (6/6/2017).

Secara tegas pemerintah mengatur pemberianTHR, pada pasal 2 dan 3 peraturan menteri tenaga kerja RI nomer PER-04/MEN/1994 tentang tunjangan hari raya keagamaan, yang wajib diberikan kepada semua penyedia kerja.

“Kewajiban pengusaha memberikan THR bagi pekerjanya, diatur didalamnya bagi pekerja yang sudah bekerja selama 3 bulan secara terus menerus, untuk diberikan THR sekali dalam setahun,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, diatur juga besaran THR sesuai dengan masa kerja. Jika diatas 12 bulan, dibayarkan sebesar upah selama satu bulan, namun jika dibawah 12 bulan, perusahaan berhak memberikan THR secara proporsional.

Bahkan, Endang meminta kepada pekerja di perusahaan swasta dapat melaporkan jika kewajiban perusahaan mengenai THR tidak direalisasikan.

“Kami sebagai pembina akan lakukan monitoring, kalaupun terjadi perusahaan tidak bayar THR. Kami akan panggil perusahaan untuk hak pekerjanya dibayarkan,” pungkasnya. (mp-13)

 

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni