Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

DPR Minta Pembinaan Bagi Petani Lokal Perlu Diintensifkan

Posted on : 12 May 2017 10:56:27 Dibaca sebanyak : 181 kali

Mansel, Mediapapua.com - Anggota DPRD, Manokwari Selatan (Mansel), Hamid Paus Paus, menilai keterlibatan masyarakat Asli Papua dalam proses pemanenan Padi, merupakan potensi untuk meningkatkan kawasan persawahan di wilayah tersebut.

“Tinggal bagaimana sekarang mendorong masyarakat asli Papua dapat terlibat dalam proses pemanenan hingga menjadi petani yang bisa menggarap sawahnya sendiri,” kata Hamid, yang juga merupakan Anggota Komisi B ini.

“Saya kira ini perlu diperhatikan, kendala apa yang membuat mereka tidak mengolah sawahnya sendiri, padahal saat memanen mereka terlihat sangat kompak,” tuturnya.

Senada disampaikan, oleh anggota DPRD lainnya, Zangkir. Politisi asal Partai PPP ini berharap agar petugas penyuluh lapangan bisa bekerja semaksimal mungkin, memetakan petasi asli Papua ini agar didorong untuk dapat mengelolah lahan sawah sendiri, “Keikut sesertaan masyarakat asli Papua ini merupakan pertanda ada niat untuk mengelolah sawah. Selama diberikan pembinaan dan pemahaman baik, kami yakin mereka akan tekun mengelolah lahan sawah sendiri,” tukasnya.

Agar tidak menyulitkan, dia menyarankan agar dinas terkait bersama Petugas Penyuluh, dapat mendorong mereka yang sudah memperlihatkan kemauan, melalui proses pemanenan dan jangan ajak yang belum terlibat sama sekali. “Cukup yang sudah terlibat ini yang dirangkul sementara, kita berharap perlahan akan ada banyak yang ikut mengelolah lahan sendiri,” tandasnya.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah daerah harus lebih aktif melihat potensi dan membimbing masyarakat asli Papua, dan tidak cukup dengan hanya memberikan pendampingan satu atau dua kali. “Memilih menjadi pelayan masyarakat di Papua berarti telah memperhitungkan sejauh mana tugas dan tanggung jawabnya, termasuk pembimbingan kepada masyarakat asli agar bisa bersaing dengan masyarakat lainnya,” terangnya.

“Petugas atau pejabat tidak boleh bosan untuk mengarahkan masyarakat. Selama gaji atau upah sebagai Pegawai Negeri Sipil atau PPL masih jalan, maka tugas pembinaan masih tetap berlanjut,” ujarnya.(mp-14)

 

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni