Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Pengusaha Asli Papua Pertanyakan Sumber Dana Proyek

Posted on : 08 Jun 2017 12:11:02 Dibaca sebanyak : 289 kali

Wondama, Mediapapua.com - Pelaksanaan pelelangan pekerjaan proyek di wilayah Kabupaten Teluk Wondama, sudah diumumkan sejak beberapa waktu lalu. Namun disayangkan, pengumuman yang ditempel oleh pihak pengelolah dalam hal ini Unit Layanan Pelelangan (ULP) tidak disertakan dengan alokasi sumber dana dari setiap pekerjaan dibawah Rp500 Juta atau penunjukan.

Pengusaha asli Papua yang juga sebagai anggota Asosiasi Tenaga Teknik Indonesia (Astti), Patriks Timo, angkat bicara. “Memang sudah pelelangan dan pembagian proyek dibawah Rp500 Juta untuk anak asli Papua. Namun didalam pembagian proyek tidak dicantumkan anggaran yang digunakan bersumber dari dana apa, DAK, DAU, atau Otsus,” tegasnya kemarin.

Ia mengaku khawatir jika nanti ada dana Otsus yang sama sekali tidak dikerjakan oleh pengusaha asli Papua. Sementara ini merupakan Keputusan Presiden.

“Kalau bisa semua dicek kembali dan di cantumkan pekerjaan dengan sumber dananya darimana. Jangan seperti tahun lalu, ada kasus salah satu dinas yang sudah melakukan pelelangan dan sudah dikerjakan, malah dilakukan pelelangan ulang,” bebernya.

Ia berharap pengelolah memperhatikan hal tersebut, karena terdata sekitar 30-an pengusaha asli Papua yang belum mendapat pekerjaan. “Otsus ini hak kami 100 persen. Yang belum dapat ini masih bertanya-tanya,” tegasnya.

Kepala Bagian ULP Sekertariat Daerah (Setda) Wondama, Bennie A Tahapary ST, mengaku pihaknya lalai mencantum sumber dana setiap kegiatan.

“Tidak dicantumkan sumber dana, itu bukan unsur kesengajaan, hanya kelalaian. Artinya, sumber dana tinggal kita masukan. Pengusaha bisa datang langsung mengecek kesini,” paparnya.

 Dalam penunjukan, lanjut dia, memang ada yang bersumber dari dana Otsus. Sedangkan untuk kelalaian, itu perlu ada kerjasama yang baik dari pengusaha.

“Dana otsus untuk penunjukan itu pasti ada. Artinya inikan bagian yang baru terbentuk tahun ini, kalau harapan kerja langsung 100 persen tidak mungkin, pasti ada kekurangan. Sekitar 20-an pengusaha yang belum terakomodir dari hampir 400 pengusaha secara keeluruhan di Wondama. Sedangkan untuk 3 asosiasi ada sekitar 150-an pengusaha,” pungkasnya. (mp-09)

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni