Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Pendaftaran Formasi PNS Khusus Tenaga Honorer Agustus 2017

Posted on : 16 Jun 2017 07:23:57 Dibaca sebanyak : 3924 kali

Manokwari, Mediapapua.com- Kepala Badan Kepegawian Daerah (BKD), Papua Barat, Drs. Yustus Medodga, mengatakan sesuai hasil koordinasi antara Gubernur Papua Barat, bersama Menpan-RB, maka pendaftaran Formasi PNS (Pegawai Negeri Sipil), khusus bagi tenaga honorer mulai dibuka tanggal 1 Agustus 2017 mendatang.

“Sudah ada surat MenPAN-RB kepada gubernur, tentang penanganan 1283 non PNS/tenaga honorer yang bekerja dilingkungan Pemprov PB, dan kami akan tindaklanjuti surat tersebut,” ungkapnya, Kamis (14/6/2017).

Menurutnya, adapun isi surat PAN-RB, bahwa pada pertemuan antar Gubernur Papua Barat dan Menpan-RB, tanggal 5 Juni 2017, disepakati terhadap 1.283 non PNS yang bekerja dilingkungan Pemprov, sejak tahun 2006 akan dilakukan seleksi sesuai PP (Peraturan pemerintah) Nomor 11 Tahun 2017, tentang manajemen PNS antara lain batasan usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun.

Selain itu, beber Yustus , terdapat sejumlah hal yang menjadi perhatian, yakni melakukan pemeriksaan ulang terhadap dokumen 1283 tenaga honorer, khususnya keberadaan dan kebenaran tempat bekerja yang bersangkutan, tempat tanggal dan bulan lahir, memetakan Non PNS yang berusia dibawah 35 tahun dan diatas 35 tahun per tanggal 1 Agustus.

Lanjut dia, pelaksanaan pemeriksaan akan melibatkan BPKP, dan hasilnya akan disampaikan kepada MenteriPAN-RB dan Kepala BKN, dilengkapi dengan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), yang ditandatangani oleh gubernur sebagaimana formulir terlampir, dan paling lambat minggu kedua bulan Juli 2017.

“Kami juga diminta untuk segera berkoordinasi dengan Kepala BKN untuk melaksanakan pembimbingan atau pelatihan CAT ( Computer Assited test), sebelum dilaksanakan seleksi terhadap non PNS yang memenuhi persyaratan berdasarkan hasil pemeriksaan dimaksud,” terangnya.

Kepala BKD ini menjelaskan bahwa tenaga honorer yang berusia di atas 35 tahun diarahkan menjadi pegawai ASN atau yang disebut dengan P3K (Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja), sedangkan dibawah usia 35 tahun diarahkan menjadi PNS. Ia menuturkan, Pegawai P3K dengan PNS keduanya merupakan ASN.

“Menyangkut P3K ini kami sempat koordinasikan dengan asisten Menteri PAN-RB, tetapi karena aturan seperti itu, maka kita tidak dapat bertindak lebih. P3K dan PNS memiliki hak yang sama. Hanya yang membedakan adalah status dan akhirnya masa tugas. PNS akan diberikan gaji pensiun, sedangkan P3K diberikan pesangon,” sebutnya.

Dia berharap kepada seluruh tenaga honorer untuk tetap bersabar dan menghormati aturan. Pada prinsipnya Pemprov PB siap melaksnakan amanat Pemerintah Pusat, terkait formasi khusus dengan berdasarkan pada ketentuan.(mp-19)

KOLOM HUMANIORA
17 Jun 2017 08:08:01

Bupati dan Wabup Buka Puasa Bersama Wartawan...

Bintuni, Mediapapua.com- Memasuki akhir bulan Suci Ramadhan, serta bersamaan menjelang momen satu tahun kepemimpinannya. Bupati dan Wakil Bupati, Ir. Petrus Kasihiw,MT dan Matret Kokop,SH, menggelar a...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
14 Jun 2017 14:06:44

DPR PB Dukung Kehadiran Kantor Komnas HAM Papua Barat...

Manokwari, Mediapapua.com – Anggota DPR Papua Barat (DPR PB), Yan Anton Yoteni, mengatakan, Komnas HAM telah mengeluarkan keputusan bulat tanggal 8 Februari lalu, tentang pembentukan Kantor...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
19 Jun 2017 22:24:25

Cegah Seks Bebas, Ibu-Ibu Kwarnas Adakan Kumpul Gaul Ramadhan...

Manokwari, Mediapapua.com- Masa pubertas adalah saat seorang anak mengalami perubahan fisik, pisikis dan pematangan fungsi seksual. Agar seorang anak dapat melalui masa ini dengan baik, Ikatan Ibu-Ibu...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni