Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

DPRD Kaimana Tetapkan Ranperda RPJMD 2016-2021

Posted on : 21 Sep 2016 08:08:55 Dibaca sebanyak : 1108 kali

Kaimana, Mediapapua.com - Rapat Paripurna DPRD Kaimana dengan agenda Pembahasan dan Penetapan Raperda tentang RPJMD 2016-202, selama kurang lebih tiga hari, akhirnya ditetapkan, setelah mendapat persetujuan dari empat fraksi.

Keempat Fraksi diantaranya, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Amanat Nasional, Fraksi Partai PDI-Perjuangan, dan Fraksi Kebangkitan Nurani Demokrasi, yang merupakan Fraksi Gabungan. Sementara satu Fraksi yakni Fraksi Partai Golkar tidak memberikan pandangan dan statemen politiknya.

Fraksi Partai Amanat Nasional dalam pandangan akhirnya meminta kepada Pemerintah Daerah untuk komitmen membangun Kaimana dengan menggandeng seluruh stakeholder tanpa memandang, agama, ras, status social, lawan politik, suku, sehingga pembangunan dapat berjalan maksimal. “Fraksi Partai Amanat Nasional mengajak kepada kita semua untuk tetap bekerja sama. Jika kita semua bisa bergandengan tangan dan bersatu untuk bangun Kaimana, maka kesejahteraan masyarakat akan tercapai seperti,” kata perwakilan Fraksi PAN, Rudi Sirua.

Sementara, Fraksi Kebangkitan Nurani Demokrasi, memberikan catatan dalam pandangan akhirnya meminta kepada Pemerintah Daerah untuk lebih mendorong pada sektor-sektor unggulan termasuk dengan peningkatan Sumber Daya Manusia. “Merujuk pada analisis, kami sepakat agar dilakukan dorongan serta penguatan di semua sektor kehidupan masyarakat, baik pendidikan, kesehatan, pertanian, ekonomi, infrastruktur serta Lingkungan Hidup, termasuk pengembangan SDM dalam menghadapi pembangunan Kabupaten Kaimana yang berkelanjutan,” ujar Imam Susilo, perwakilan Fraksi Kebangkitan Nurani Demokrasi.

Lima catatan yang sampaikan kepada Pemerintah Daerah terkait Raperda RPJMD, diantaranya, Pemda harus mampu memastikan semua SKPD mampu menterjemahkan dan mengurai secara detail isi serta maksud dari RPJMD ini dengan menyusun Rencana Kerja, hingga program yang dibuat mampu meraih capaian indikator seperti tertuang dalam RPJMD 2016-2021.

Fraksi Kebangkitan Nurani Demokrasi menilai ada beberapa hal yang sebaiknya dilengkapi dalam RPJMD, diantaranya adalah dilengkapi dasar pemikiran dan analisa penetapan target. “Kita berharap angka-angka yang tercantum pada tabel indakator kerja daerah tidak hanya sebatas angka-angka yang menjadi simbol dari akumulasi perhitungan semata, namun berdasarkan perhitungan yang realistis dan terukur,” jelasnya.

Selain itu, Fraksi Kebangkitan Nurani Demokrasi juga meminta kepada Pemda, khususnya kepada SKPD agar dilakukan monitoring pengawasan berlanjut/pelaporan capaian kinerja yang dilakukan dalam jangka waktu 3 bulanan atau 4 bulanan, sehingga program pemerintahan serta pelayanan pemerintahan bisa berjalan maksimal.

Diakhir pandangan Fraksi Kebangkitan Nurani Demokrasi, berharap penunjukan kepala SKPD adalah yang benar handal, profesional dan amanah. Ini menjadi penting karena sebaik apapun target yang ingin dicapai tidak akan terlaksana tanpa dukungan SDM yang teruji dan bertanggungjawab.(mp-10)

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni