Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Hasil Evaluasi 18 DOB, Pegaf Dapat Nilai Terendah

Posted on : 15 May 2017 08:49:04 Dibaca sebanyak : 411 kali

Pegaf, Mediapapua.com - Daerah Otonomi Baru (DOB), setiap tahunnya selalu dievaluasi oleh tim dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), apakah daerah yang baru dibentuk itu mampu menjadi Daerah Otonom yang mandiri atau tidak.

Kabupaten Pegunungan Arfak, tahun ini telah memasuki usia yang kelima tahun, untuk itu dalam evaluasi kali ini sangat menentukan pemerintah pusat untuk menyatakan apakah DOB yang dibentuk tahun 2012 itu pantas disebut Daerah Otonom atau tidak.

Semua itu diukur dari tingkat kemandiriannya, kemampuannya, kapasitas daerahnya dan potensi yang dimiliki. “Ini merupakan evaluasi yang menentukan untuk kemudian pemerintah pusat menyatakan pembentukan 18 DOB, apakah pantas menyandang status sebagai Daerah Otonom, bukan lagi daerah Otonomi Baru,” kata Nurbowo Edy Subagio, Kasubdit Penataan Daerah Wilayah II Dit.Penataan Daerah, Otsus dan DPOD Ditjen Otda Kemendagri, di Anggi, pekan lalu.

Ia menyebutkan hasil evaluasi Tim DOB selama tiga tahun, yaitu pada tahun 2015, Kabupaten Pegaf mendapat penilaian paling rendah, yakni 57,1 sedangkan yang tertinggi 80,1. Ia berharap tahun ini nilai Kabupaten Pegaf bisa lebih baik lagi, berada diposisi sedang atau teratas asalkan dalam penilaian ini didukung oleh data yang akurat. “Mengingat banyak DOB yang mulai dari nol, maka tidak semua urusan wajib dan pilihan yang kita evaluasi untuk mendapatkan penilaian nanti, tetapi kita batasi yang paling penting yaitu pendidikan dan kesehatan,” tuturnya.

 “Kami disini bekerja menyiapkan laporan, kemudian menyusun pemetaan kapasitas DOB. Sehingga kita membutuhkan data yang akurat. Karena keterbatasan data, kita akan menyatakan suatu daerah berpredikat rendah dalam berkinerja bukan performanya,” jelasnya.

Ditambahkan, hasil evaluasi terhadap 18 DOB tersebut akan disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri kepada Presiden, daerah mana yang berperingkat terbaik dalam berkinerja dan daerah mana yang berperingkat terendah. Dari peringkat itu nanti Menteri Dalam Negeri, akan memberikan penghargaan kepada daerah yang berkinerja terbaik.(mp-03)
 

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni