Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Pegaf Butuh Perhatian Pemerintah Puasat

Posted on : 17 May 2017 10:05:33 Dibaca sebanyak : 257 kali

Pegaf, Mediapapua.com - Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait diminta memperhatikan daerah-daerah pedalaman. Sebab sebanyak 166 kampung, dan 10 distrik di Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), masih tergolong tertinggal dan terpencil.

“Semua kampung di 10 distrik di Kabupaten Pegaf masih butuh perhatian pusat. Untuk kami sekarang melakukan koordinasi dengan kementerian terkait, termasuk Kemendagri melalui Dirjen Bina Pemerintah Desa,” kata Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pegunungan Arfak, Yakob Wonggor, Senin (15/5/2017).

Dia menyebut, sebagian besar kementerian perlu turun tangan langsung ke daerah pedalaman, seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perumahan Rakyat dan Daerah Tertinggal, Kementerian Pekerrjaan Umum, Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Sebab, membangun negeri sebagaimana nawacita Presiden RI, Joko Widodo, dimulai dari desa atau kampung.“Pegaf merupakan daerah baru, sehingga butuh bimbingan dan perhatian yang serius oleh pemerintah pusat, terutama pelatihan peningkatan kapasitas kampung,” tuturnya.

 Selain itu fasilitas umum masih dibutuhkan masyarakat, bahkan untuk mencapai sejumlah kampung di distrik masih harus berjalan kaki karena belum ada akses jalan. Sehingga para pelajar dan petani di Pegaf setiap hari harus menantang maut di lereng gunung yang curam dan arus kali yang deras.

Oleh karenanya, dia mengharapkan Pemerintah Pusat, melalui Kementerian ikut memperioritaskan pembangunan di daerah tertinggal dan terpencil di Papua Barat, khususnya di Kabupaten Pegunungan Arfak. “Kementerian terkait perlu melihat secara langsung kondisi masyarakat di pedalaman dan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, sehingga dalam perencanaan dapat dialokasikan anggaran untuk membangun kebutuhan di kampung,” pungkasnya.(mp-03)

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni