Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Pegaf Butuh Perhatian Pemerintah Puasat

Posted on : 17 May 2017 10:05:33 Dibaca sebanyak : 109 kali

Pegaf, Mediapapua.com - Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait diminta memperhatikan daerah-daerah pedalaman. Sebab sebanyak 166 kampung, dan 10 distrik di Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), masih tergolong tertinggal dan terpencil.

“Semua kampung di 10 distrik di Kabupaten Pegaf masih butuh perhatian pusat. Untuk kami sekarang melakukan koordinasi dengan kementerian terkait, termasuk Kemendagri melalui Dirjen Bina Pemerintah Desa,” kata Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pegunungan Arfak, Yakob Wonggor, Senin (15/5/2017).

Dia menyebut, sebagian besar kementerian perlu turun tangan langsung ke daerah pedalaman, seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perumahan Rakyat dan Daerah Tertinggal, Kementerian Pekerrjaan Umum, Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Sebab, membangun negeri sebagaimana nawacita Presiden RI, Joko Widodo, dimulai dari desa atau kampung.“Pegaf merupakan daerah baru, sehingga butuh bimbingan dan perhatian yang serius oleh pemerintah pusat, terutama pelatihan peningkatan kapasitas kampung,” tuturnya.

 Selain itu fasilitas umum masih dibutuhkan masyarakat, bahkan untuk mencapai sejumlah kampung di distrik masih harus berjalan kaki karena belum ada akses jalan. Sehingga para pelajar dan petani di Pegaf setiap hari harus menantang maut di lereng gunung yang curam dan arus kali yang deras.

Oleh karenanya, dia mengharapkan Pemerintah Pusat, melalui Kementerian ikut memperioritaskan pembangunan di daerah tertinggal dan terpencil di Papua Barat, khususnya di Kabupaten Pegunungan Arfak. “Kementerian terkait perlu melihat secara langsung kondisi masyarakat di pedalaman dan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, sehingga dalam perencanaan dapat dialokasikan anggaran untuk membangun kebutuhan di kampung,” pungkasnya.(mp-03)

KOLOM HUMANIORA
17 Jun 2017 08:08:01

Bupati dan Wabup Buka Puasa Bersama Wartawan...

Bintuni, Mediapapua.com- Memasuki akhir bulan Suci Ramadhan, serta bersamaan menjelang momen satu tahun kepemimpinannya. Bupati dan Wakil Bupati, Ir. Petrus Kasihiw,MT dan Matret Kokop,SH, menggelar a...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
14 Jun 2017 14:06:44

DPR PB Dukung Kehadiran Kantor Komnas HAM Papua Barat...

Manokwari, Mediapapua.com – Anggota DPR Papua Barat (DPR PB), Yan Anton Yoteni, mengatakan, Komnas HAM telah mengeluarkan keputusan bulat tanggal 8 Februari lalu, tentang pembentukan Kantor...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
19 Jun 2017 22:24:25

Cegah Seks Bebas, Ibu-Ibu Kwarnas Adakan Kumpul Gaul Ramadhan...

Manokwari, Mediapapua.com- Masa pubertas adalah saat seorang anak mengalami perubahan fisik, pisikis dan pematangan fungsi seksual. Agar seorang anak dapat melalui masa ini dengan baik, Ikatan Ibu-Ibu...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni