Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Polres R4 Jaring Pekerja Dibawah Umur

Posted on : 09 Jun 2017 13:00:36 Dibaca sebanyak : 186 kali

Waisai, Mediapapua.com – Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat), yang digelar Polres Raja Ampat, Kamis (8/6/2017) dini hari, merupakan kegiatan rutin yang digelar jelang hari raya Lebaran.

Kapolres Raja Ampat, melalui Kasat Reskrim Polres Raja Ampat, AKP. Robin Kumbarayuda, memimpin tim operasi pekat dan memeriksa Pandawa Cottage di jalan Marinda.
       “Ada beberapa laporan masyarakat, dimana terdapat indikasi, beberapa tempat hiburan malam di Waisai, memperkerjakan anak-anak dibawah umur,” ujarnya.

Menurut dia, beberapa fenomena seperti tata cara kontrak kerja, ketenagakerjaan yang berhubungan dengan jaminan sosial, mewarnai tempat hiburan malam di Waisai.

“Konsen kami pagi ini adalah tempat hiburan yang memperkerjakan anak-anak dibawah umur. Dan, kami temukan satu korban berinisial F yang menurut pengakuannya berumur sekitar 17 tahun,” bebernya.

Ia mengaku temuan ini masih didalami, apakah memuat unsur tindak pidana dan jika terbukti melanggar UU Perlindungan Anak dan human trafficking Pasal 88 UU Nomor 23 Tahun 2002, dirubah UU Nomor 35 Tahun 2013, sebagaimana dirubah dalam UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang perlindungan anak, bisa dihukum 10 Tahun penjara.

“Banyak tempat yang jadi target kami. Jika hasil pengembangan terbukti melanggar UU, langkah pertama, kami akan berkoordinasi dengan dinas sosial, juga masyarakat untuk melakukan verifikasi berkas, akta kelahiran, kependudukan dan lain sebagainya untuk menguatkan unsur perlindungan anak dan human trafficking,” tegasnya. (mp-22)

 

 

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni