Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Pembangunan Jalan Lingkar Bintuni Kota Diduga Penyebab Banjir di Kampung Binadesa

Posted on : 08 Jun 2017 12:04:50 Dibaca sebanyak : 205 kali

Bintuni, Mediapapua.com - Pembangunan jalan lingkar Bintuni Kota, yang memotong di gunung belakang Kampung Binadesa diduga menjadi penyebab terjadinya banjir yang merendam kampung tersebut pada Minggu (4/6/2017) malam.

Pasalnya berdasarkan keterangan sejumlah warga yang sudah bertahun-tahun tinggal di kampung tersebut, banjir sering datang ketika lahan gunung lemon yang menjadi sumber mata air warga ini dibongkar. 

Pengakuan sejumlah warga Binadesa mengatakan banjir kali ini cukup parah dan kemungkinan akibat intensitas hujan lebat dan lama, serta kampung yang diapit dengan gunung lemon dan kali Tubi ini berada pada posisi daerah rendah.

Meski warga sudah membangun rumah tingkat dan panggung, debit air dari atas gunung dan luapan kali Tubi menyebabkan air naik merendam rumah-rumah warga. 

“Kami baru kali ini merasakam banjir separah ini dan air yang datang berasal dari arah gunung. Sejak gunung itu dibuka, kami jadi sering kebanjiran, karena di sana banyak sekali sumber mata air, sehingga ketika dibuka aliran mata air ini menjadi terpencar,” kata Nicolaus Nimbafu, salah seorang warga kampung Binadesa.

Hal ini juga diakui, Kepala BPBD Melianus Naa. Menurutnya, gunung lemon yang dibongkar untuk kepentingan jalan lingkar kota Bintuni ini murni hanya digunakan untuk jalan, tidak ada kampung di atas gunung tersebut.

Sejumlah warga lain yang sudah sangat lama bermukim di kampung itu, juga meyakini bahwa jalan lingkar inilah penyebab turunnya air yang merendam kampung tersebut. “Sebenarnya gunung ini tidak boleh dibongkar. Sejak jaman Belanda gunung tersebut digunakan sebagai penyanggah dan penyedia air bagi warga,” ungkapnya.(mp-24)

 

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni