Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

DoaMu, IMAN dan MADOM Resmi jadi Kontestan Pilgub 2017

Posted on : 26 Oct 2016 11:12:14 Dibaca sebanyak : 1067 kali

Manokwari, Mediapapua.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat, akhirnya resmi menetapkan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat, yang maju dalam Pilkada serentak 2017.

Tiga pasangan tersebut, yakni Drs Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani, SH. MSi (DOAMU), Irene Manibuy,SH-Abdullah Manaray, ST (IMAN), dan Dr. Drs Stepanus Malak M.Si-Ali Hindom S.Pd (MADOM).

Penetapan Pasangan Calon ini dilaksanakan melalui Rapat Pleno Terbuka Penetapan Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat, Dalam Pilkada Tahun 2017, Senin (24/10/2016) di Aston Niu Hotel Manowkari.

Ketua KPU Provinsi Papua Barat, Amus Atkana, mengatakan penetapan ketiga pasangan calon ini bertolak dari proses awal dimulainya pendaftaran tanggal 21-23 September 2016 lalu. Dimana telah dilakukan verifikasi berkas syarat calon dan syarat pencalonan.

Dari hasil verifikasi ketiga pasangan calon, yakni DOAMU, IMAN dan MADOM, telah memenuhi persyaratan baik pencalonannya maupun calon. Dan KPU juga telah menolak dua bakal calon karena tidak memenuhi persyaratan pencalonan atau dukungan gabungan partai politik. “Verifikasi lanjutan bagi bakal calon ini meliputi verifikasi factual terkait keaslian Orang Papua (OAP) hingga dokumen ke 17 tentang pas foto. Ketiga pasangan ini dinyatakan memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat,” sebutnya.

Sementara dalam rapat pleno tersebut, Komisioner KPU Devisi Teknis KPU PB, Paskalis Semunya S.Sos, mengatakan ketiga pasangan ini resmi ditetapkan berdasarkan ketentuan dalam memenuhi persyaratan berkas calon maupun pencalonan. Pasangan DOAMU selain telah memenuhi syarat calon sebagai OAP juga memenuhi ketentuan perolehan kursi sebanyak 12 kursi di DPR PB.

Hal yang sama untuk pasangan IMAN yang memenuhi syarat calon sebagai OAP berdasarkan hasil verifikasi factual yang dilakukan MRPB, dengan syarat pencalonan dukung 4 gabungan partai pengusung dengan jumlah kursi 9 kursi di DPR PB. Sedangkan MADOM juga memenuhi syarat calon sebagai OAP dan didukung dua Parpol Golkar dan Demokrat, dengan total kursi 18 kursi.

Semuanya mengatakan, terdapat beberapa catatan yang merujuk pada PKPU Nomor 10 Tentang Tata Cara Pencalonan. Bagi setiap calon 5 hari setelah ditetapkan sudah harus mengurus surat cuti bagi petahana yang mencalonkan diri sebagai gubernur dan bagi PNS atau pegawai swasta.

Selanjutnya 60 hari setelah ditetapkan sebagai calon surat pernyataan pengunduran jabatan sudah harus diserahkan ke KPU Papua Barat, karena merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi pasangan calon.

Rapat Pleno Penetapan tersebut dihadiri oleh ketiga pasangan calon didampingi simpatisan dan Ketua DPW, DPD partai pengusung. Hingga berakhir rapat pleno, kondisi kemanan tetap kondusif dengan pengawalan petugas kepolisian dan Brimob Polda Papua Barat.(mp-19)

 

KOLOM HUMANIORA
17 Jun 2017 08:08:01

Bupati dan Wabup Buka Puasa Bersama Wartawan...

Bintuni, Mediapapua.com- Memasuki akhir bulan Suci Ramadhan, serta bersamaan menjelang momen satu tahun kepemimpinannya. Bupati dan Wakil Bupati, Ir. Petrus Kasihiw,MT dan Matret Kokop,SH, menggelar a...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
14 Jun 2017 14:06:44

DPR PB Dukung Kehadiran Kantor Komnas HAM Papua Barat...

Manokwari, Mediapapua.com – Anggota DPR Papua Barat (DPR PB), Yan Anton Yoteni, mengatakan, Komnas HAM telah mengeluarkan keputusan bulat tanggal 8 Februari lalu, tentang pembentukan Kantor...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
19 Jun 2017 22:24:25

Cegah Seks Bebas, Ibu-Ibu Kwarnas Adakan Kumpul Gaul Ramadhan...

Manokwari, Mediapapua.com- Masa pubertas adalah saat seorang anak mengalami perubahan fisik, pisikis dan pematangan fungsi seksual. Agar seorang anak dapat melalui masa ini dengan baik, Ikatan Ibu-Ibu...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni