Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Rindukan Perubahan, Ribuan Simpatisan ‘Serbu’ Kampanye DoaMu

Posted on : 08 Feb 2017 07:34:19 Dibaca sebanyak : 1345 kali

Manokwari, Mediapapua.com – Ribuan simpatisan di Manokwari, Papua Barat, Selasa (7/2/2017) memadati lapangan Borarsi Manokwari untuk mengikuti kampanye terbuka pasangan nomor urut I, Drs. Dominggus Mandacan dan Muhammad Lakotani (DoaMu).

Diarak menggunakan perahu adat dengan berjalan kaki mulai dari kediaman Dominggus Mandacan di Fanindi Dalam, para pendukung dan simpatisan yang turut bersama dengan kedua paslon ini membuat jalan raya di Kota Manokwari macet total.

Tiba di lapangan Borarsi, kedua pasangan disambut para pendukung yang dengan setia menunggu dari pukul  09.00 WIT. Kampanye terbuka semakin meriah dengan hadirnya beberapa tokoh nasional seperti Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Surya Paloh yang menggunakan pesawat pribadi tiba di Manokwari dan juga ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan dan dari PDI Perjuangan, Komarudin Watubun.

Salah Satu saksi sejarah hadirnya Provinsi Papua Barat, Jimmy Demianus Ijie, mengatakan harus ada perubahan di Papua Barat di mana Pegunungan Arfak harus dipindahkan ke Arfai yaitu putra Arfak, yakni Drs. Dominggus Mandacan yang harus menjadi Gubernur Papua Barat. Alasannya, karena Dominggus merupakan pelaku sejarah yang saat itu memberi bantuan Rp7 Milyar saat masih menjabat sebagai Bupati Manokwari, agar Provinsi Papua Barat dapat berjalan sewaktu dibentuk.

“Tidak harus bersusah payah untuk memindahkan teluk Bintuni atau Sorong ke Arfai, tetapi Pegunungan Arfak yang di depan mata yang harus kita pindahkan ke Arfai,” ujar Ijie.

Dalam orasi politiknya, ketua Umum Nasdem, Surya Paloh mengatakan kedua pasangan calon merupakan pasangan yang dapat membawa perubahan di Papua Barat sehingga sebagai pendukung dan simpatisan kita bertugas untuk membawa kedua paslon ini untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat.

“Yakin dan percaya perjuangan yang kita lakukan tidak akan sia-sia, karena yang mampu membawa perubahan hanya pasangan DoaMu,” terang Surya Paloh, disambut tepuk tangan dari pendukung yang membanjiri lapangan Borarsi.

Sementara itu, Ketua Umum PAN, Zukfili Hasan dalam orasinya menuturkan masyarakat Papua Barat memiliki peran yang penting untuk memenangkan pasangan DoaMu karena ditangan rakyatlah kedua pasangan ini dapat dipilih.

Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI-Perjuangan, Komarudin Watubun, didampingi sejumlah kader PDI Perjuangan seperti Bupati Kaimana, Matias Mairuma, Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran dan juga ketua PDI Perjuangan Papua Barat, Yohana Watofa, mengungkap perjuangan Dominggus Mandacan untuk menghadirkan Papua Barat jangan dilupakan.

Selain itu, isu SARA yang dilontarkan untuk mantan Bupati Manokwari 2 periode tersebut, menurut Komarudin sangatlah tidak tepat karena dirinya tahu betul bagaimana sosok seorang Dominggus Mandacan.

Walaupun sempat hujan, namun tidaklah membuat para pendukung yang datang dari berbagai daerah di Papua Barat serta berbagai suku baik nusantara maupun papua untuk meninggalkan lapangan. Dimeriahkan dengan beberapa artis, suasana di lapangan Borarsi semakin meriah.

Dalam orasinya, Calon Gubernur Papua Barat, Drs.Dominggus Mandacan, mengingatkan pemilih untuk tidak terhasut dan termakan dengan isu yang sengaja dihembuskan untuk mengoyang kekokohan pasangan DoaMu di Pilgub Papua Barat. “Waktu tidak lama lagi, Jangan termakan isu mereka yang sudah kehabisan akal itu,” pesannya.

Mantan Penjabat Pegunungan Arfak ini mengaku ada Visi dan Misi, yaitu menwujudkan Papua Barat yang aman, Sejahtera dan bermartabat. Dijabarkan Dominggus, jika sebuah daerah aman maka pasti pertumbuhan ekonomi maupun kemajuan daerah akan cepat bertumbuh. “Untuk Visi dan Misi ini kami jamin dapat dilaksanakan” ujarnya.

Untuk kesejahteraan, lanjut dia, kehidupan masyarakat akan diperhatikan dengan membuka lapangan pekerjaan dan mengatasi masalah kesenjangan yang sebelumnya.

Sedangkan misi bermartabat dimana akan diciptakan aparatur pemerintahan yang bersih dan berwibaba bebas dari KKN. “Kami minta kepercayaan dari masyarakat. Mari beri kami kepercayaan untuk membawa perubahan bagi Papua Barat menjadi lebih baik,” harapnya.

Calon Wakil Gubernur Papua Barat, Muhamad Lakotani, dalam orasinya mengatakan bahwa dana Otsus yang besar di Papua Barat akan diserahkan 90 persen kepada kabupaten/kota sedangkan untuk 10 persen yang dikelola Pemerintah Papua Barat. “Yang tahu masyarakat serta kondisi di lapangan adalah Kabupaten/Kota maka itu kamia akn berikan 90 persen dana Otsus untuk Kabupaten/Kota,” bebernya.

Pemberian 90 persen dana Otsus ini dikarenakan Indeks Pembangunan Manusia di Papua Barat berada pada urutan kedua dari bawah di seluruh Indonesia. “Mari kita bersama wujudkan Papua Barat yang lebih baik lagi kedepan, beri kepercayaan kepada pasangan DoaMu untuk memimpin Papua Barat ke depan,” tandasnya. (mp-13)

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni