Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Bram Ingin Putera Asli Papua Jabat Pangdam XVIII Kasuari Papua Barat

Posted on : 18 Jun 2016 13:28:20 Dibaca sebanyak : 8463 kali

Manokwari, Mediapapua.com - Saat ini ada tiga putra asli Papua yang berstatus sebagai perwira tinggi TNI, yakni Mayor Jenderal TN. I Joppye Onesimus Wayangkau, Brigjen TNI. Herman Asaribab, dan Brigjen. Muhamad Hamdan Ali Bogra.

Pada berbagai kesempatan Gubernur Papua Barat, Abraham O Atururi, menginginkan, putra asli Papua yang memenuhi syarat, patut dikedepankan untuk menjabat sebagai Pangdam, Kapolda dan jabatan strategis lain di daerah ini. Termasuk untuk jabatan Pangdam baru di Papua Barat.

Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen Herman Asaribab mengatakan, diantara perwira tinggi TNI asal putra Papua, saat ini yang paling senior adalah Mayor Jenderal TNI Joppye Onesimus Wayangkau. Yang bersangkutan sebelumnya pernah menjabat sebagai Kasdam V/Brawijaya.

Wayangkau merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986 dari kecabangan Infanteri. Pernah menjabat Wadan Pussenif Kodiklat TNI AD. Sebelum mendapat kepercayaan menjadi Danrem 172/PWY dan sebagai Asops Kasdam XVII/Cenderawasih.

Ditanya peluang dirinya menjabat Pangdam pertama di Papua Barat, Herman Asaribab enggan menjawab. Menurutnya, semua orang yang ada di Papua merupakan putra daerah. “Yang putra daerah itu siapa saja yang ada di Papua, baik yang datang dari luar maupun di dalam,’’ tuturnya.

Asaribab mengatakan, unsur pimpinan TNI yang akan menunjuk seorang perwira tinggi untuk menempati jabatan tertentu termasuk Pangdam. Dirinya pun tak boleh berangan-angan. “Tentara itu tidak boleh angan-angan, harus yang pasti,’’ tegasnya.

Ketika ditanya perkembangan pembangunan Markas Kodam di Papua Barat, yang saat ini dibangun di kompleks Arfai, Manokwari, dirinya enggan menjawab, sedangkan soal pengamanan perayaan Idul Fitri, TNI siap memback-up jajaran kepolisian. “Sudah jelas di undang-undang, kita (TNI) membantu pemerintah daerah, membantu kepolisian. Sebagai prajurit dimanapun kita siap mendukung itu. Kalau kita di Kodam berarti mendukung Polda, dibawahnya ada Kodim mendukung Polres dan seterusnya,” pungkasnya.(mp-19)

KOLOM HUMANIORA
17 Jun 2017 08:08:01

Bupati dan Wabup Buka Puasa Bersama Wartawan...

Bintuni, Mediapapua.com- Memasuki akhir bulan Suci Ramadhan, serta bersamaan menjelang momen satu tahun kepemimpinannya. Bupati dan Wakil Bupati, Ir. Petrus Kasihiw,MT dan Matret Kokop,SH, menggelar a...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
14 Jun 2017 14:06:44

DPR PB Dukung Kehadiran Kantor Komnas HAM Papua Barat...

Manokwari, Mediapapua.com – Anggota DPR Papua Barat (DPR PB), Yan Anton Yoteni, mengatakan, Komnas HAM telah mengeluarkan keputusan bulat tanggal 8 Februari lalu, tentang pembentukan Kantor...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
19 Jun 2017 22:24:25

Cegah Seks Bebas, Ibu-Ibu Kwarnas Adakan Kumpul Gaul Ramadhan...

Manokwari, Mediapapua.com- Masa pubertas adalah saat seorang anak mengalami perubahan fisik, pisikis dan pematangan fungsi seksual. Agar seorang anak dapat melalui masa ini dengan baik, Ikatan Ibu-Ibu...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni