Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Pemprov Siapkan Rp100 Milliar Untuk Kembangkan Bandara Rendani

Posted on : 12 Jun 2017 09:26:51 Dibaca sebanyak : 139 kali

Manokwari, Mediapapua.com - Pemerintah Provinsi Papua Barat, tahun ini mengucurkan anggaran sebesar Rp100 miliar, untuk mempercepat pengembangan Bandar Udara Rendani Manokwari.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan mengatakan anggaran ini terbagi atau direalisasikan dalam dua bentuk kegiatan. 

“Rp80 miliar kita berikan dalam bentuk program pembangunan terowongan dan program fisik lainnya. Rp20 miliar dalam bentuk hibah yang diserahkan kepada pemerintah kabupaten untuk proses pembebasan lahan,” tuturnya.

Dia menyebutkan, sebagai ibu kota provinsi, Manokwari membutuhkan bandara yang dapat disinggahi pesawat-pesawat berbadan besar. Disisi lain, bandara tersebut harus memenuhi seluruh unsur keselamatan dan keamanan dalam penerbangan.

“Untuk saat ini terutama perpanjangan runway, harus mendapat dukungan semua pihak. Hal ini merupakan bagian dari tanggungjawab pemerintah provinsi dan kabupaten Manokwari," tukasnya.

Gubernur mengaku bersyukur, beberapa waktu Komisi V DPRRI berkunjung untuk meninjau kondisi bandara tersebut. Ia yakin, anggaran perpanjangan landasan pacu bandara tersebut akan diperjuangkan ditingkatan DPR RI.

“Hari Senin pekan depan, DPR RI sudah mulai membahas APBN 2018. Mereka berjanji akan memperjuangkanya agar mendapat alokasi anggaran tahun 2018,” terangnya.

Rencana pengembangan Bandara Rendani, lanjut gubernur, sudah dibahas pada Musrenbang provinsi maupun Musrenbang Nasional. Ia optimistis, perpanjangan runway bandara tersebut segera dimulai.

“Saat ini, landasan pacu bandara baru sekitar 2.000 meter. Diharapkan, kedepan bisa diperpanjang menjadi 2.700 meter,” pungkasnya.(mp-17/mp19)

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni