Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Bupati Raja Ampat Genjot Pendukung Pariwisata

Posted on : 12 Jun 2017 09:29:47 Dibaca sebanyak : 122 kali

Manokwari, Mediapapua.com - Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, sedang berusaha meningkatkan infrastruktur pendukung pengembangan sektor pariwisata di daerah tersebut.

      Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati saat ditemui di Manokwari, Minggu (11/6/2017) mengatakan, selain bandar udara, infrastruktur yang terus di perbaiki, yakni jalan menuju resort. Pihaknya ingin para wisatawan nyaman saat berkunjung di Raja Ampat.

      “Pariwisata kalau tidak diimbangi dengan fasilitas pendukung yang nyaman, termasuk faktor keamanan bisa-bisa orang kapok begitu datang ke Raja Ampat. Kami tidak mau seperti itu,” ujarnya.

Dijelaskan, jalan darat dan pengembangan Bandara Waisai, menjadi prioritas pemerintah Raja Ampat. Ia ingin, pemerintah daerah lebih mandiri dalam mengelola pariwisata. Apalagi pariwisata menjadi leading sector dalam membangun daerah. “Pemerhatian pemerintah pusat cukup besar untuk Raja Ampat dan ini tak boleh disia-siakan,” ucapnya.

Terkait pengembangan bandara, pemerintah pusat serta provinsi Papua Barat, terus mendukung dalam bentuk progtam. Kendala yang terjadi saat ini masalah status kawasan, seperti pengembangan bandara dengan status kawasan yang sebagian besar masuk kawasan hutan konservasi.

“Ini masalah regulasi, 98 persen daerah Raja Ampat merupakan kawasan konservasi. Perlu campur tangan pusat untuk merubah sebagian status kawasan tersebut, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bandara," ujarnya.

Selain memacu infrastruktur, pihaknya kini masih terus meningkatkan upaya promosi. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan. “Raja Ampat sudah dikenal, namun upaya promosi harus terus dilakukan. Masih banyak potensi pariwisata yang belum diketahui oleh wisatawan,” tegasnya.

Selain wisata bahari, tambah dia, Raja Ampat memiliki obyek pariwisata lain, seperti danau ubur-ubur serta wisata burung. Di daerah kepulauan ini, terdapat banyak buruk endemik Papua yang tidak bisa didapati di daerah lain.(mp-17)

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni