Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Dandes 216 Kampung di Tambrauw Dipotong Rp10 Juta/ kampung

Posted on : 14 Jun 2017 12:08:58 Dibaca sebanyak : 41 kali

Manokwari, Mediapapua.com – Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Tambrauw  menimbulkan pertanyaan dari salah satu Kepala Kampung di Kabupaten Tambrauw yang enggan namanya disebut.

Saat bertandang ke Redaksi Media Papua, sumber anonym ini menyerahkan sejumlah dokumen bukti potongan Rp10 juta/kampung, dari ADD Tahun 2015, 2016 dan 2017 di 216 Kampung yang ada di Kabupaten Tambrauw. “Saya sendiri sebagai Kepala Kampung, tidak mengerti dengan potongan 10 Juta dari total Dana Desa yang kami terima dua tahap dalam satu tahun. Sejak Tahun 2015 sekitar 15 Milyar ada potongan 10 juta, begitu pula tahun 2016 ada kenaikan nilainya menjadi 16 Milyar, juga ada potongan 10 juta dan tahun ini saat alokasi tahap pertama belum lama ini, juga ada potongan 10 juta per kampung,” beber sumber terpercaya ini semalam.

Saat mengkonfirmasi ke instansi teknis yang bertanggungjawab langsung dengan pembagian Dana Desa ke 216 kampung itu, ia mendapat jawaban potongan ini sebagai dana pertanggungjawaban. “Staff di instansi itu bilang kalau 10 juta dipotong untuk dana pertanggungjawaban. Kami sudah lapor ke DPRD. Sampai saat ini belum ada tangapan dari pemerintah provinsi, dalam hal ini Badan Pemberdayaan Masyarakat Papua Barat,” akunya.

“DPRD sudah tahu, para kepala Distrik juga tahu tentang potongan itu, tapi tidak ada yang mampu menanyakannya ke BPM Papua Barat, sehingga ini yang menjadi pertanyaan kami, pertanggungjawaban seperti apa yang dimaksud dalam pemotongan 10 juta setiap alokasi dana desa,” herannya.

Terpisah, catatan koran ini, tujuan ADD oleh Pemerintah Pusat, untuk mendorong peningkatan fiskal daerah dan kemandirian desa. Hanya saja, perlu pengawasan yang ketat oleh masyarakat maupun pemerintah secara berjejang agar anggaran tersebut dapat tepat sasaran sesuai tujuan yang diharapkan. Selain itu, pengawasan diperlukan untuk mencegah tindakan korupsi di daerah, dan lebih khusus lagi terkait pengelolaan dana desa.

Berikut, rincian ADD ke Kabupaten Tambrauw, pada Tahun 2015 Alokasi ke Kabupaten sebesar Rp11 Milyar lebih, Tahun 2016 sebesar Rp122 Milyar lebih dengan rinciian per kampung mendapat alokasi Rp500 Juta lebih. Untuk Tahun 2017, alokasi ke Kabupaten sebesar Rp155 Milyar lebih dengan rincian alokasi perkampung mendapat Rp700 Juta lebih.

Jika dihitung dengan adanya potongan 10 juta per Kampung dari total 216 Kampung yang ada, maka potongan tersebut bisa mencapai Rp2 Milyar/tahun sejak Tahun 2015-2017. (mp-20)

 

KOLOM HUMANIORA
17 Jun 2017 08:08:01

Bupati dan Wabup Buka Puasa Bersama Wartawan...

Bintuni, Mediapapua.com- Memasuki akhir bulan Suci Ramadhan, serta bersamaan menjelang momen satu tahun kepemimpinannya. Bupati dan Wakil Bupati, Ir. Petrus Kasihiw,MT dan Matret Kokop,SH, menggelar a...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
14 Jun 2017 14:06:44

DPR PB Dukung Kehadiran Kantor Komnas HAM Papua Barat...

Manokwari, Mediapapua.com – Anggota DPR Papua Barat (DPR PB), Yan Anton Yoteni, mengatakan, Komnas HAM telah mengeluarkan keputusan bulat tanggal 8 Februari lalu, tentang pembentukan Kantor...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
19 Jun 2017 22:24:25

Cegah Seks Bebas, Ibu-Ibu Kwarnas Adakan Kumpul Gaul Ramadhan...

Manokwari, Mediapapua.com- Masa pubertas adalah saat seorang anak mengalami perubahan fisik, pisikis dan pematangan fungsi seksual. Agar seorang anak dapat melalui masa ini dengan baik, Ikatan Ibu-Ibu...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni