Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Berikan Kado Ramadhan, PLN Resmikan PLTS di Rumberpon

Posted on : 15 Jun 2017 11:57:20 Dibaca sebanyak : 362 kali

Manokwari, Mediapapua.com - PLN Area Manokwari, Rabu (14/6/2017), meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), yang merupakan program Papua Terang di Distrik Rumberpon, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

PLTS yang diresmikan memiliki kapasitas 50 kWp, dapat melistriki 211 rumah selama 18 jam untuk melayani tiga kampung diantaranya, kampung Yembekeri 1, Yembekeri 2, dan Kampung Wetitindau. 

Peresmian pengoprasian PLTS ini merupakan kado Ramadhan dari PLN, untuk Pulau Rumberpon sebagai ibu kota distrik, yang belum terjamah listrik.

Manager PLN Area Manokwari, Mesakh Kwey Kwey, dalam sambutannya mengatakan, pembangunan ini membutuhkan waktu selama empat bulan sejak April hingga Juni, dan menelan anggaran sekitar Rp 4 millar, yang dianggarkan oleh PT. PLN Pusat.

Dia mengajak seluruh masyarakat agar bisa menjaga fasilitas listrik yang telah disediakan, agar dapat digunakan hingga jangga panjang. “Mari kita jaga dan merawat bersama aset ini dengan baik, agar bisa digunakan dalam jangka panjang,” ujarnya.

Jika ada masalah dengan listrik ataupun meteran, masyarakat dianjurkan untuk segera melaporkan kepada petugas PLN. Masyarakat tidak diperkenankan mengambil tindakan sendiri tanpa diawasi oleh ahlinya.

Dengan adanya listrik, masyarakat bisa melakukan kegiatan apa saja, karena saat ini listrik merupakan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan. “Adanya listrik ini, tentu masyarakat bisa nonton TV yang bisa mengetahui informasi, serta anak-anak bisa belajar dengan baik,” tuturnya.

Selain itu, PLN juga bekerjasama dengan Pemda Wondama untuk membangun PLTD di Kampung Wetitindau, sehingga kedepan pihaknya akan melakukan koordinasi agar bisa menyelesaikan pekerjaan PLTD tersebut. “PLTD yang dibangun ini nantinya bisa beroperasi dengan PLTS. Hal tersebut dikarenakan, PLTS sangat bergantung cahaya matahari, yang sewaktu-waktu terkendala oleh cuaca,” tukasnya.

“Untuk PLTD hanya sebagai back up jika cuaca buruk, semoga Pemda Wondama dapat menyelesaiakan pekerjaan yang belum rampung ini,” ucapnya.

PLN juga masih punya kewajiban lain untuk melistriki 4 kampung di distrik ini yang belum teraliri listrik, dan kehadiran PLTS tersebut disambut antusias oleh masyarakat. Karena sejak bergabung dengan kabupaten Wondama, akhirnya sudah teraliri jaringan listrik.

Sekretaris Distrik Rumberpon, Simon Windesi, mengapresiasi PLN yang sudah mengaliri listrik di kampungnya. Simon berharap kepada masyarakat agar bisa menggunakan listrik dengan bijak sesuai kebutuhan, dan menggunakan listrik sesuai kapasitas.

Peresmian PLTS tersebut ditutup dengan sosialisasi penggunaan listrik secara benar dan sesuai kebutuhan, dan dilanjutkan dengan pemotongan pita serta menyalakan lampu secara simbolis disalah satu rumah warga.(mp-17)

 

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni