Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Literasi dan Inklusi Keuangan Masyarakat Papua Barat Masih Rendah

Posted on : 16 Jun 2017 07:20:46 Dibaca sebanyak : 140 kali

Manokwari, Mediapapua.com- Pemahaman (literasi) dan Inklusi (penggunaan), mengenai industri keuangan bagi masyarakat di Papua Barat, masih rendah. Hal ini terungkap pada Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK), yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) wilayah Papua dan Papua Barat.

Hal tersebut diungkapkan, Misran Pasaribu, Kepala OJK Papua dan Papua Barat, bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia Perwakilan Manokwari, saat menggelar buka puasa bersama wartawan di Manokwar, Kamis (15/6/2017), dalam rangka meningkatkan sinergi untuk peningkatan Literasi dan Iinklusi keuangan masyarakat Papua Barat.

Misran menjelaskan, berdasarkan SNLIK yang dilakukan OJK pada 2016, diketahui tingkat Literasi masyarakat Papua Barat, terhadap penggunaan produk dan layanan perbankan hanya sebesar 19,27 persen, hal ini merupakan terendah dari 34 provinsi.

Sedangkan tingkat Inklusi produk dan layanan jasa keuangan hanya sebesar 58,55 persen, hal ini masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan tingkat Literasi dan Inklusi keuangan Nasional, yang berada di angka 29,66 perseb dan 67,82 persen.

“Literasi dan Inklusi masyarakat Papua Barat, terhadap produk dan layanan jasa keuangan masih terendah di seluruh Indonesia, Papua Barat menempati urutan ke 34 dengan 19,27 persen Literasinya. Sedangkan di Provinsi Papua berada pada 22,15 persen, ini sedikit lebih baik,” ujarnya.

Dalam rangka meningkatkan Literasi dan Inklusi keuangan masyarakat Papua Barat, sejak tahun 2014, OJK telah beberapa kali melakukan kegiatan Edukasi dan sosialisasi mengenai pengenelan industri jasa keuangan dan produk-produknya kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Keberadaan OJK dan program literasi keuangan OJK terus kami sosialisasikan ke masyarakat,” pungkasnya.(mp-17)

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni