Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Karas Namundat Asal Fakfak Terpilih Ikut Lomba Transmigrasi Teladan di Jakarta

Posted on : 15 Aug 2017 08:45:32 Dibaca sebanyak : 139 kali

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Provinsi Papua Barat, Dra. Paskalina Jamlean, mengatakan, transmigrasi lokal asal Fakfak, Karas Namudat terpilih mewaliki Provinsi Papua Barat untuk mengikuti lomba transmigrasi teladan tingkat Nasional.

Dia menyebut, saat ini, pria kelahiran Fakfak,21 Februari 1942, telah berada di Jakarta untuk mengikuti serangkaian penilaian. “Karas mewakili lomba transmigrasi teladan tingkat Nasional setelah juara di tingkat provinsi. Jadi setiap tahun ada lomba. Masing-masing UPT ada warga diikutsertakan,” ujarnya, Senin (14/7/2017).

Menurutnya, Papua Barat terdapat 3 lokasi transmigrasi lokal yang dalam pembinaan pemerintah, yakni UPT (Unit Pemukiman Transmigrasi) Tomage di Kabupaten Fakfak, UPT Warikon di Manokwari dan UPT Werianggi di Kabupaten Teluk Wondama. “Kami melakukan pembinaan agar para transmigrasi lokal dapat berkembang secara mandiri,” tuturnya.

Karas Namudat memenangkan lomba transmigrasi tingkat Provinsi Papua Barat, karena dinilai berhasil di lokasi baru. Bekat kerja keras selama ditempatkan tahun 2015, Namudat sudah bisa hidup mandiri dan menghidupi keluarga. “Dia berhasil kembangkan pola pertanian lahan pekarangan. Selama menempati lokasi transmigrasi, ia mendapatkan penghasilan kurang lebih Rp12 juta, dan yang penting bagaimana bisa menghidupi keluarga di tempat baru,” terangnya.

Karas Namudat juga aktif mengikuti penyeluhan pertanian dan memiliki banyak pengalaman sehingga dapat menjadi contoh.  Dia akan bersaing dengan utusan dari 33 provinsi lainnya.

Ditambahkan, ada beberapa kriteria pemilihan transmigrasi teladan, yakni tingkat pertumbuhan ekonomi, pendapatan, produktivitas, penyerapan tenaga kerja, kesehatan, pendidikan, partisipasi, mental spiritual serta peran istri dalam kesejahteraan masyarakat.(mp-19)

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni