Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Mendagri Terbitkan SK Pengankatan Bupati-Wabup Bintuni

Posted on : 11 Jun 2016 11:04:38 Dibaca sebanyak : 5497 kali

Manokwari, Mediapapua.com - Penantian panjang masyarakat di Kabupaten Teluk Bintuni agar kembali memiliki Bupati dan Wakil Bupati definitif sesuai hasil Pilkada serentak tahun 2015 akan segera berakhir.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), telah mengeluarkan SK (Surat Keputusan) pengangkatan, Ir. Petrus Kasihiw dan Matret Kokop, SH, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni periode 2016-2021.

Asisten I Bidang Pemerintahan, Drs. Musa Kamudi, M. SI, membenarkan Mendagri telah menerbitkan SK pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni. Bahkan Mendagri, telah menyurati Gubernur Papua Barat agar segera mempersiapkan pelantikan.

Surat Keputusan pengangkatan, Ir. Petrus Kasihiw dan Matret Kokop, SH, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni, periode 2016-2021, yakni SK Nomor : 131.92-5054 Tahun 2016, tertanggal 9 Juni 2016.

Diungkapkan, dua hari setelah mengeluarkan SK pengangkatan, Mendagri juga mengeluarkan surat tertanggal 8 Juni 2016, yang memerintahkan Gubernur Papua Barat, untuk segera mempersiapkan pelantikan, Ir. Petrus Kasihiw dan Matret Kokop, SH, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni. “Bila sudah melantik, maka gubernur diminta melapor ke Mendagri. Ini ada surat dari Mendagri kepada gubernur,’’ ujarnya kepada sejumlah wartawan, dikantor DPR Papua Barat, usai menghadiri pelantikan 5 anggota DPR Pengganti Antar Waktu (PAW), Jumat (10/6).

Pemprov Papua Barat belum menjadwalkan acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni. Musa berharap, pelantikan dapat dilaksanakan pekan depan. “Secepatnya kita lakukan pelantikan,’’ imbuhnya.

Selain itu, lanjut dia, pemprov juga akan berkoordinasi dengan berbagai pihak, terkait pelantikan ini ini.Termasuk aparat keamanan karena selama ini proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni sangat menyita waktu dan perhatian.

Hasil Pilkada Teluk Bintuni berunjung di Mahkamah Konstitusi. Dalam putusan pertama, MK memerintahkan KPU untuk melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU), di TPS 2 Kampung Moyeba, Distrik Moskona Utara. Tak puas atas hasil PSU di Moyeba, pasangan, Ir. Petrus Kasihiw dan Matret Kokop, SH, kembali melayangkan gugatan di MK. Hingga akhirnya pasangan ini dinyatakan sebagai pemenang Pilkada Teluk Bintuni. “Koordinasi dengan aparat keamanan untuk mengantisipasi saja agar proses pelantikan bisa berjalan lancar dan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Ir. Petrus Kasihiw telah berada di Manokwari. Ia tiba dengan menumpang KM Gunung Dempo dan dijemput Kapolres Manokwari,Christian Rony serta aparat polisi lainnya.(mp-19)

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni