Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Tarian Wala dan Setan Gamutu Semarakan Festival Bahari

Posted on : 20 Oct 2016 07:17:12 Dibaca sebanyak : 383 kali

Waisai, Mediapapua.com – Festival Bahari Raja Ampat, Rabu (19/10/2016), masuk hari kedua, dengan menampillkan berbagai tarian adat, diantaranya Tarian Wala dan Setan Gamutu. Tarian adat ini, dibawakan sekira 30 warga asli suku Matbat, suku asli Pulau Misool.

Kepala Bidang Nilai-nilai Budaya dan Estetika pada Dinas Pariwisata kabupaten Raja Ampat, Ursula Ronsumbre, menjelaskan, Tarian Wala merupakan bentuk penghormatan kepada pemimpin tertinggi tatanan sosial masyarakat Misool.

“Tarian ini menggambarkan kearifan lokal yang berdasarkan hubungan kekerabatan dan penghormatan kepada pemimpin,” ujarnya.

Menurut dia, Tarian Wala juga menceritakan kisah perjalanan nenek moyang melintasi gunung, lembah, hutan dan daerah-daerah lain, dalam bentuk syair perjalanan yang berfungsi memberikan semangat dalam perjalanan.

Tak sampai disitu, Tarian Wala juga merupakan cara nenek moyang mewariskan ilmu dan pengetahuan kearifan lokal, dengan tujuan agar tidak punah.

“Kearifan lokal diantaranya seperti pembayaran Mas kawin, minang perempuan, masuk rumah baru, pemberian persembahan kepada Pemimpin dari hasil kebun pertama sebagai rasa hormat dan syukur,” bebernya.

Disisi lain, tarian ini disertai Setan Gamutu sebagai pelindung upacara adat yang memastikan bahwa tidak ada yang mengganggu saat upacara adat dimulai hingga selesai.

Kepala Distrik Misool Selatan, Charuddin Soltief, menambahkan, Tarian Wala dan setan Gamutu merupakan asal-usul peradaban Misool yang telah diwariskan sejak nenek moyang.

“Juga dengan acara seperti ini, masyarakat menjadi mengetahui, Raja Ampat indah bukan hanya karena alam, namun seni budaya yang memiliki nilai luhur dan warisan nenek moyang,” pungkas Charuddin. (mp-22)

 

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni