Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

FMPM Nilai Pansel MRPB Sarat Kepentingan Politik

Posted on : 09 Jun 2017 12:28:25 Dibaca sebanyak : 164 kali

Manokwari, Mediapapua.com – Front Mahasiswa Pemuda dan Masyarakat Papua (FMPM) Papua Barat, menilai panitia seleksi (Pansel) penerimaan calon anggota Majelis Rakyat Papua provinsi Papua Barat, sarat kepentingan. Bahkan, pansel dinilai tidak transparan dan netral dalam menjalankan proses seleksi yang ada.

Hal ini dikatakan Jansen Previdea Kareth, aktivis FMPM dalam siaran persnya kepada wartawan, Kamis (8/6/2017).

Kata dia, data dan informasi yang dihimpun oleh FMPM cukup kuat tentang tidak sehatnya proses seleksi yang dilakukan oleh pansel. “Kami merespon dinamika yang terjadi dan dimata aktivis dan pemuda ini pansel MRPB sarat kepentingan”, ujar Yansen.

Roh Otonomi Khusus yang sebenarnya dalam adat serta budaya, menurutnya tidak nampak dalam proses seleksi, karena penempatan anggota dalam pansel sudah tidak sesuai asal wilayah adatnya, yaitu Doberai dan Bomberai.

“Kami berharap anak asli Bomberay atau Doberay yang melakukan seleksi, sehingga tercapai tujuan Otsus”, tuturnya.

FMPM berharap Gubernur dapat mengambil langkah evaluasi terhadap Kesbangpol PB sebagai perpanjangangan tangan pemerintah yang bertanggungjawab penuh terhadap Pansel  agar tidak salah kaprah nantinya.

Riky Asmuruf, menambahkan, setiap calon MRPB yang mengikuti seleksi harus mempunyai visi-misi yang jelas sebagai perwakilan atau utusan daerah.

“visi-misi jadi anggota MRPB itu mutlak bagi peserta, sehingga kelak saat terpilih bisa direalisasikan dan menghasilkan perdasi atau perdasus untuk kepentingan daerahnya,” ujarnya sembari menyayangkan kinerja MRPB I yang sama sekali tidak melahirkan atau meregulasikan sebuah Perdasi maupun Perdasus. (mp-20)

 

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni