Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Serah Terima Operasi PLTD, PLN Harus Tingkatkan Pelayanan

Posted on : 17 Jun 2017 07:48:24 Dibaca sebanyak : 322 kali

Bintuni, Mediapapua.com - Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni, resmi melakukan serah terima Operasi (STO) Pembangkit  Listrik Tenaga Disel (PLTD), milik Pemda kepada PLN Rayon Bintuni.

Penyerahan STO ini dilakukan langsung Bupati, Ir. Petrus Kasihiw, kepada Asisten Manager Transaksi Energi Listrik PT PLN (Persero) P2B Manokwari, Simon Petrus Tjanu, melalui penandatanganan MoU, Kamis (15/6/2017) malam dikediaman bupati di Kota Bintuni. Penyerahan STO ini ada sebanyak 10 unit mesin generator disel milik Pemda diberikan secara hibah kepada pihak PLN.

Bupati mengatakan, adanya penyerahan ini, maka kewenangan soal kelistrikan di wilayah Kota Bintuni dan Distrik Babo sudah menjadi tannggungjawab pihak PLN. “Pemda menyerahkan mesin PLTD kepada PLN tanpa meminta bayaran apapun, sehingga PLN tentu sangat diuntungkan,” tuturnya, dalam keteranga persnya, Jumat (16/6/2017).

Namun yang menjadi penekanan bupati, pemerintah daerah menginginkan PLN melakukan pelayanan kelistrikan secara maksimal. Mengelola 10 mesin disel tersebut secara baik dan digunakan sebagaimana mestinya untuk melakukan backup listrik ketika jaringan listrik dari BP Tangguh tersendat. “Mengenai bagi hasil, kami Pemda tidak menerima dana bagi hasil. Itu hibah, jaringan juga kita serahkan. Harapan kita, PLN dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain hibah mesin dan jaringan listrik, pemerintah juga melakukan pembayaran tunggakan listrik sebesar Rp3 milyar, namun baru dibayarkan setengahnya dalam APBD induk 2017, sementara selebihnya Rp1,5 milyar akan dibayarkan dalam APBD Perubahan 2017. 

Setelah pembayaran ini, PLN diminta untuk melakukan sistem pelayanan listrik prabayar dengan sistem pulsa. Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya tunggakan listrik. Selain itu, PLN diharapkan bertindak cepat memberikan informasi kepada masyarakat jika terjadi mati lampu.

“Sering ada tertulis di media sosial, banyak yang bicara bupati ganti bupati, kok lampu masih mati terus. Karena memang bupati bukan cuma urus listrik saja, tapi banyak yang harus diurus. Oleh karena itu kami serahkan PLTD ini agar masalah listrik sepenuhnya menjadi urusan PLN,” tandasnya.

Sementara, Simon Tjanu, salah satu anggota Tim Penyelesaian Masalah Kelistrikan di Bintuni, mengaku meski penandatangan MoU sudah dilakukan, namun bukan berarti tenaga operasi yang ada di PLTD menjadi tanggungjawab PLN, namun masih menjadi tanggungan Pemda. “Kita akan lihat lagi untuk tenaga operator yang berpotensi akan direkrut sebagai tenaga tetap di PLN, karena PLN masih membutuhkan tenaga untuk mengelola mesin disel tersebut,” jelasnya. 

PLN juga meminta kepada pemerintah daerah untuk mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda), terkait soal ketertiban penanaman pohon di jalan yang dianggap mengganggu jaringan listrik.(mp-24)

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni