Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa

Posted on : 15 Aug 2017 12:33:11 Dibaca sebanyak : 347 kali

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).

Puluhan mahasiswa senior di Kampus Unipa, melakukan aksi protes dan menolak tiga pemateri dari institusi TNI dan Kepolisian yang diundang pihak universitas sebagai penyaji materi Wawasan Kebangsaan, Cinta Tanah Air dan upaya menjauhi paham-paham radikalis di lingkungan Kampus.

Tiga pemateri yang ditolak antara lain Kapolda Papua Barat, Pangdam XVIII Kasuari dan Kafasharkan TNI AL Manokwari.

Bocor Magai, Koordinator Aksi mengatakan, penolakan tersebut lebih kepada pemateri, bukan terhadap materi Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah  Air serta Paham Radikal di lingkungan kampus. “Pihak militer tidak boleh intervensi ke dalam lingkungan kampus, karena kesannya ada upaya politik yang ingin dimaikan melalui PKKMB ini,” tegasnya.

Menurutnya, TNI/Polri adalah bagian dari penyebab sejumlah pelanggaran HAM yang selama ini terjadi di Tanah Papua. “Jangan ke kampus mengajar Wawasan Kebangsaan jika tidak bisa diterapkan bagi sesama Orang Asli Papua,” paparnya.

Ia menilai PKKMB lebih kepada pengenalan kampus, bukan pengenalan militer atau materi-materi diluar PKKMB. Meski demikian, ia bersama rekan-rekannya menjamin penuh keamanan dan kenyamanan selama pelaksanaan PKKMB.

Ketua Pantitia PKKMB Unipa, Dr.Kelyopas Krey, M.Si, menilai penolakan ini merupakan bagian dari aspirasi dalam berdemokrasi di lingkungan kampus. “Atas permintaan mereka (mahasiswa), kami telah membatalkan undangan untuk menghadirkan Kapolda, Pangdam dan Kafasharkan,” akunya.

Krey mengaku materi yang akan disajikan tersebut hampir setiap tahun diagendakan dalam kegiatan PKKMB. Hanya saja tahun ini kondisinya diramu sedikit berbeda, karena berkaitan dengan bulan Kemerdekaan RI, sehingga panitia dan pihak kampus ingin memberi warna tersendiri yang bernuansa 17-an. “Karena ditolak, Panitia telah berupaya menyajikannya secara internal bagi 1.700 mahasiswa baru peserta PKKMB,” paparnya. (mp-20)

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni