Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Harapan Besar di Pundak Dominggus-Lakotani Bangun Papua Barat

Posted on : 17 May 2017 10:10:25 Dibaca sebanyak : 369 kali

Manokwari, Mediapapua.com - Kehadiran Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat, periode 2017-2021, menjadi harapan besar masyarakat dalam memimpin provinsi ini selama 5 tahun, setelah dilantik Presiden RI, Jokowi Widodo di Istana Negara, Jumat (12/5/2017) pekan lalu.

Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani, SH, MSi, kini sudah ditunggu masyarakat untuk merealisasikan program,visi dan misi yang disampaikan pada kampanye lalu. Duet yang sarat pengalaman ini diharapkan mampu membawa perubahan ke arah lebih baik. Keduanya sarat pengalaman di birokrat maupun pemerintahan. 

Tokoh Masyarakat, Silas Kaaf, yang juga mantan anggota DPR Papua Barat menilai sosok Dominggus Mandacan sebagai bapak pembangunan. Selama dua periode menjabat Bupati Manokwari (2005-2005,2005-2010), Dominggus Mandacan telah berhasil membuka isolasi daerah dikawasan Pegunungan Arfak.

Silas Kaaf yakin, dengan pengalamannya di birokrat, Dominggus akan mampu membawa Provinsi Papua Barat makin maju. “Pak Dominggus sudah berbuat nyata. Dia yang membuka isolasi daerah di Pegunungan Arfak yang medannya sulit,’’ ujar mantan anggota DPR PB belum lama ini.

Ia menyampaikan ucapan selamat pada Dominggus Mandacan dan Mohamad Lakotani, yang baru dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat. “Selamat dan sukses. Kita semua berharap Kepala Daerah baru ini dapat membawa Provinsi Papua Barat makin maju,’’ tandasnya.

Silas Kaaf berharap pasangan ini dapat menjalankan program, visi dan misi saat kampanye. Yang patut menjadi perhatian, yakni peningkatan pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan terutama bagi orang asli Papua. “Dana Otsus cukup besar. Ini mestinya digunakan untuk meningkatkan sumber daya manusia orang asli Papua dan juga pelayanan kesehatan,’’ ujarnya lagi.

Guna menundung program, visi dan misi, Silas Kaaf mengusulkan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur memilih pembantu-pembantu atau pimpinan SKPD maupun jabatan lainnya berdasarkan kemampuan, namun tetap memperhatikan keterwakilan 13 kabupaten/kota.

“Pejabat yang dipercaya sebagai pimpinan SKPD diambil dari 13 kabupaten/kota supaya mewakili. Dan dapat melaksanakan visi dan visi Gubernur-Wakil Gubernur,’’ tuturnya.

Dari pandangannya, selain pembangunan pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, pembangunan jalan untuk membuka isolasi daerah sangat krusial. Pembangunan jalan trans Papua Barat yang sudah dikerjakan supaya terus dipercepat, sehingga antara kabupaten/kota dapat terhubungan.

Beberapa kabupaten/kota sudah terhubung dengan jalan darat, seperti Manokwari-Tambrauw-Maybrat-Sorong dan Manokwari Bintuni. Ruas jalan yang pekerjaannya perlu dipercepat, Maybrat-Bintuni, Manokwari-Wondama dan Fakfak-Kaimana.

“Pak Dominggus ini sebagai bapak pembangunan yang sudah membuka isolasi daerah saat menjabat Bupati Manokwari dua periode. Dominggus punya kemampuan dan mesti didukung semua komponen masyarakat,’’ imbuhnya.

Peredaran minuman keras (miras) juga patut menjadi perhatian. Silas Kaaf meminta gubernur dapat berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk mencermati peredaran miras yang berdampak pada tindak kriminal.(mp-19)

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni