Selamat Datang di Situs Berita Media Papua...! Follow us on

Dukungan Kabupaten-kota dan Provinsi Belum Berjalan

Posted on : 09 Jun 2017 12:39:03 Dibaca sebanyak : 147 kali

Manokwari, Mediapapua.com – Dana operasional Fakultas Kedokteran Universitas Papua (FK Unipa) sangat terbatas. Kondisi ini membuat proses perkuliahan tidak berjalan maksimal.

Anggota DPR Papua Barat (DPR PB), Febri Jein Anjar, mengatakan, kesepakatan para bupati dan walikota tentang kebijakan untuk mengalokasikan Rp1 Milyar per tahun dan diberikan sebagai subsidi kepad FK Unipa belum berjalan.

“Pada raker bupati dan walikota yang berlangsung di Kabupaten Teluk Bintuni, sudah ada kesepakatan untuk mengalokasikan anggaran senilai satu miliar rupiah per tahun, tetapi kebijakan ini tidak berjalan sehingga timbul masalah,” kata Jein, Kamis (9/6/2016)

Menurut kader Golkar ini, masalah FK Unipa telah menarik pemerintah pusat dalam hal ini pihak Kementerian Pendidikan Tinggi. Bahkan, telah dilakukan pertemuan sebanyak dua kali pertemuan.

“Beberapa orang tua mahasiswa menyampaikan keluh kesa dan kekecewaan mereka terkait permasalahan fakultas kedokteran. Orang tua siap pindahkan anaknya ke fakultas kedokteran terdekat, tetapi upaya ini tidak mudah dilakukan, ada mekanisme,” terangnya.

Ketua DPR PB, Pieters Kondjol, menambahkan, dana bantuan bagi Faklutas Kedokteran Unipa dari kabupaten/kota yang belum direalisasikan karena berkaitan dengan realisasi dana Otsus dari provinsi ke kabupaten/kota.

“Sudah ada kesepakatan bahwa kabupaten/kota akan membantu dengan dana Otsus. Hal ini yang perlu diperhatikan bersama. Apakah dana ini terkendala karena belum ditransfer dari pemerintah pusat ke provinsi dan diteruskan ke kabupaten/kota atau apa ? Ini yang nanti akan ditanyakan,” bebernya.

Kondjol menambahkan, demonstrasi mahasiswa-mahasiswi FK Unipa yang berlangsung di Kota Sorong, dapat dimaklumi sebagai bentuk ekspresi kekecewaan terhadap pemerintah daerah menyangkut masa depan.

“Saya rasa aksi demo yang dilakukan wajar dan masih dalam batas-batas kewajaran,” imbuhnya. (mp-15)

 

KOLOM HUMANIORA
15 Aug 2017 12:33:11

Mahasiswa Tolak Materi Wakesbang TNI/Polri di PKKMB Unipa...

Manokwari, Mediapapua.com - Hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unipa terhadap 1.700 mahasiswa, sempat belangsung tegang, Senin (14/8/2017).Puluhan mahasiswa senior...
KOLOM PARLEMENTARIA PAPUA BARAT
15 Aug 2017 12:45:04

Legislator DPR PB Minta Pemerintah Evaluasi Sistim Tender Proyek...

Manokwari, Mediapapua.com – Sistim tender proyek yang diterapkan saat ini, dinilai belum sepenuhnya mendukung keberadaan pengusaha asli Papua. Hal ini dapat dilihat dengan sistim tender online.L...
KOLOM TEKNOLOGI
11 Jul 2016 10:19:49

DPRD Mansel Tetapkan 17 Perda...

Mansel, Mediapapua.com - DPRD Manokwari Selatan menetapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemda Mansel untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam sidang Parip...
KOLOM METROPOLIS
15 Aug 2017 12:15:09

APBN Devisit Usulan DAU Tambahan di APBD-P PB Tak Digubris...

Manokwari, Mediapapua.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Abia Ullu S.Sos, menyatakan, hasil rekonsiliasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), disebutka...
STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
INDEXS KATEGORI

Kategori Papua Barat

Kategori Politik

Kategori Hukrim

Kategori Ekonomi Bisnis

Kategori Olahraga

Kategori Humaniora

Kategori Parlementaria Papua Barat

Kategori Metropolis

Kategori Manokwari

Kategori Manokwari Selatan

Kategori Sorong

Kategori Teluk Wondama

Kategori Kaimana

Kategori Pegunungan Arfak

Kategori Raja Ampat

Kategori Bintuni